Jumat, 09 Desember 2016

Ini 5 Faktor Risiko Sumbing pada Bayi



Liputan6.com, Jakarta Celah bibir atau biasa disebut dengan sumbing, adalah kondisi cacat lahir yang bisa terjadi pada bayi ketika jaringan di sekitar bibir bayi tidak menyatu dengan baik selama kehamilan.

Sumbing tak hanya terjadi pada bibir, tetapi juga bisa terjadi pada langit-langit mulut ataupun pada keduanya. Normalnya, jaringan yang membentuk bibir dan langi-langit akan menyatu di bulan kedua dan ketiga kehamilan. Namun pada bayi dengan kondisi tersebut, penyatuan kedua jaringan tersebut tidak pernah terjadi, dan hanya terjadi setengah jalan saja, sehingga meninggalkan celah.

Para peneliti percaya bahwa sebagian besar kasus sumbing disebabkan oleh interaksi faktor genetik dan lingkungan. Namun penyebab pastinya tidak diketahui.

Walaupun begitu, menurut para ahli, ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan peluang seorang bayi untuk mengalami sumbing. Dilansir dari Mayoclinic, Jumat (9/12/2016), berikut adalah lima faktor risikonya:

1. Riwayat keluarga

Orangtua yang memiliki riwayat masalah sumbing, menghadapi risiko yang lebih tinggi untuk memiliki bayi dengan kondisi tersebut.

2. Jenis Kelamin

Laki-laki lebih mungkin mengalami dua jenis sumbing (bibir atau langit-langit mulut), atau salah satunya. Sedangkan sumbing pada langit-langit mulut lebih umum terjadi pada perempuan.


Source link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar