Jumat, 09 Desember 2016

BlackBerry Pastikan OS Tizen Kebagian BBM Dalam Waktu Dekat

Sebelum perangkat BlackBerry mengalami kemunduran, dulunya layanan BBM dari BlackBerry menjadi primadona, terlebih kesan eksklusif masih terasa saat BBM hanya tersedia di perangkat BlackBerry saja. Namun persaingan terus berlanjut, dimana untuk mempertahankan penggunanya, BlackBerry memutuskan untuk melepas BBM ke platform lain, termasuk Android, iOS, dan Windows Phone.

tizen

Saat ini basis pengguna terbesar BBM adalah negara Indonesia, karena hampir 90% pengguna smartphone di negeri ini menggunakan layanan BBM untuk berkomunikasi di samping menginstal layanan lain seperti WhatsApp dan Line. Karena saking populernya di Indonesia, Presiden Joko Widodo bahkan mengatakan jika BBM kini 100% milik Indonesia (meskipun tidak sepenuhnya).

Selain itu, Indonesia juga masih menjadi pasar berkembang, dimana sebagian besar smartphone yang terjual di Indonesia adalah kelas entry-level hingga mid-range. Itu sebabnya mengapa kebanyakan smartphone Tizen dari Samsung harus populer di Indonesia. Namun hal tersebut tampaknya belum terjadi hingga saat ini, karena layanan BBM masih absen pada OS kembangan Samsung tersebut.

Mungkin jika BBM tersedia untuk platform Tizen, smartphone Tizen keluaran Samsung seperti Samsung Z2 bakal populer di Indonesia, mengingat harga yang ditawarkan juga kurang dari Rp1 jutaan. Dan hal tersebut tampaknya akan segera terjadi, karena CEO dari BBM telah mengkonfirmasi kabar tersebut.

Matthew Talbot, CEO BBM mengatakan, “OS Tizen tidak jauh berbeda dengan OS Android. Jadi itu bukan hal yang sulit bagi pengembang aplikasi Android, untuk membuat aplikasi Tizen.”

Meskipun Talbot tidak mengatakan secara spesifik mengenai rilis dari BBM untuk Tizen, namun dia mengatakan bahwa kita tidak heran jika aplikasi akan segera diluncurkan, dan bahwa itu hanya masalah waktu sampai tiba saatnya.



Unboxing & Ulas Singkat Xiaomi Redmi 4A - Varian Redmi 4 Paling MURAH!






Source link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar